Membuat Pemotong Gabus Styrofoam (Styrofoam Cutter)

Iseng2 googling cari gergaji buat motong styrofom, kali aja butuh buat bikin nama atau logo yg murah meriah dengan Styrofoam dan waktunya mendadak. Untuk jaga-jaga lebih baik tips dalam artikel ini patut di coba. Apalagi karena biayanya murah dan bisa nambah pengetahuan. Remaja putri biasanya seneng bikin tulisan, hiasan buat di tempel di kamarnya, termasuk ponakan saya. Kalau diajarin bikin alatnya bakal tambah seneng dia.

Pada prinsipnya pemotong gabus styrofoam adalah kawat panas yang akan melelehkan gabus. Disini dibuat dengan gergaji triplek, sehingga kerjanya mirip dengan menggergaji triplek, tetapi tidak usah di-naik-turunkan, cukup dijalankan saja. Pada prinsipnya senar gitar yang diberi tegangan akan panas dan bisa memotong styrofoam. Langkah-langkah yang dilakukan sebagai berikut;

  1. Sediakan gergaji triplek, adaptor 1-2 Ampere yang outputnya ada 12-15Volt, jangan gunakan Aki !, saklar bel (yang hanya dipencet dia kontak) dan senar gitar nomor paling kecil.
  2. Lihat gb. 1, senar gitar dikaitkan di ujung atas gergaji triplek, tetapi yang bagian bawah anda harus buat isolator dari pcb bekas atau apa yang tidak menghantar listrik, karena aliran arus (-) harus melalui senar gitar, sedangkan arus (+) melalui body gergaji triplek, atau kebalikan juga boleh, tidak masalah kebalik-balik (+) dan (-) nya.
  3. LED bisa ditambahkan dengan menseri LED dengan resistor 1 KiloOhm sebagai lampu indikator, kalau bekerja, jangan kebalik polaritasnya.
  4. Saklar, sebaiknya gunakan saklar bel, yang hanya akan on bila ditekan (nanti nekannya bisa pakai kaki), supaya tidak lupa kalau sudah selesai.
  5. Adaptor yang digunakan 12 Volt atau 15 Volt juga boleh, begitu dibebani dengan senar gitar, tegangan ini akan drop jadi 3 – 4 volt, tidak mengapa, masih bisa panas. Itulah sebabnya jangan gunakan Aki mobil, bisa terbakar itu senar gitar, karena Aki kekuatannya besar.
  6. Selamat berkreasi.

Pemotong Styrofoam

Sumber

Kejujuran yang berbuah pengusiran? no comment biar aman..!

Obrolan kali ini mengenai kejujuran dalam pendidikan.. berita yang lagi hangat-hangatnya mengenai kecurangan kolektif dan terorganisir yang dilakukan Sekolah Dasar Negeri Gadel II Surabaya, Jawa Timur. (beritanya bisa dilihat di sini , dan berita terbaru dari jakarta. )

Barangkali semua setuju bahwa ‘bencana’ ini akan berdampak rusaknya generasi penerus bangsa ke depan. Pewaris bangsa Indonesia sepertinya memang di ajarkan dalam ketidakjujuran sebagai bekalnya nanti dalam membangun pribadi ataupun bangsanya. Kemajuan bangsa kedepan sedang dipertaruhkan. Obrolan di media televisi semuanya mengatakan demikian. Ini adalah masalah serius..!!!

Kejujuran dalam menyampaikan kebenaran bagaikan buah simalakama bagi yang melakukannya. Orang takut akan sanksi social yang akan diterima bila menyampaikan kebenaran. Sehingga diam dan tidak ikut-ikutan mungkin adalah cara yang paling tepat bagi yang tidak setuju dengan kebohongan. Tapi apakah itu cukup untuk menjamin bahwa tindakan diam itu tidak akan berdampak buruk kepada anak cucu kita kelak?

Istilah yang digunakan adalah Whistle blower yang diaplikasikan ke dalam dunia pendidikan. Anda bisa melihat justru seorang Whistle blower akan diserang balik oleh sekawanan lawannya dan juga seorang Whistle blower adalah yang pertama kali kena vonis dari pengadilan daripada orang atau penjahat aslinya. Itu pun menurut para pengamat dalam obrolan di televisi. Jadi tidak ada jaminan perlindungan hukum dalam hal ini, termasuk kepada Whistle blower –nya dunia pendidikan di Surabaya ini.

Kalau saya dimintai pendapat mengenai hal ini, maka saya akan katakan secara diplomatis karena sadar akan konsekuensi dari pro dan kontra yang terjadi dimasyarakat serta mayoritas tindakannya. “jangan sok suci dah jadi orang”.. maka saya akan mengatakan, saya akan perbaiki diri saya serta keluarga dan mendukung tindakan dari para pemimpin negeri ini dalam melindungi semua hak rakyatnya.

tips membeli jaket kulit garut


Kalau anda jalan-jalan di Garut, rasanya kurang afdol kalau tidak mampir dulu ke Sukaregang sebelum pulang. Ya.. Sukaregang adalah pusat penjualan jaket kulit garut yang terkenal itu. Tidak hanya jaket tapi hampir semua toko menjual berbagai aksesoris dan kerajinan dari kulit. Anda harus pintar dalam memilih untuk membeli, karena harga di tempat ini variatif tergantung dari toko serta kualitasnya.

Nah.. bagi anda yang berminat untuk membeli kerajinan kulit khususnya jaket kulit garut, sebaiknya anda mengetahui tips dalam membeli jaket kulit di bawah ini:

1. banyak bertanya
siapkan pengetahuan dasar anda mengenai kualitas jaket kulit anda bisa cari tahu dengan bertanya kepada teman yang punya jaket kulit, atau bisa googling sesuka anda. Minimal anda tahu sedikit, selebihnya akan anda ketahui sewaktu membeli. selanjutnya

Kena tilang?? Gak tuh..


Sambil nonton bola liga kampung, saya ketemu dengan teman yang sudah beberapa bulan ini gak ketemu.. dan terjadilah obrolan ringan dengannya..

Langsung aja:
Saya :
woiii.. kemana aj u?? gk keliatan..
Teman :
iya sekarang gw sering di bandung, nemenin istri.
Saya :
terus kerjaan u gmn?
Teman :
masih.. gw PP skrg.. kasihan lah sama istri.. lg ngidam..
Teman :
sebulan terakhir ni gw juga sering jalan sama istri, tiap minggu mesti jalan ke luar kota. Bahkan sampe ke lampung..
Saya :
wuihh.. jauh amat broo..
Teman :
namanya juga pengantin baru bro.. hehhee
Teman :
kalau naek kapal bawa mobil, penuh gk penuh tetep aja bayarnya segitu ya??
obrolan selanjutnya

10 Cara Untuk Menjadi Pribadi Yang Hebat

Inilah sepuluh karakter manusia luar biasa yang mesti terus dipupuk dalam diri kita.

1. Bersikap Rendah Hati.

Sikap rendah hati mengungkapkan kekuatan bukan kelemahan. Hanya orang yang kuat jiwanya yang bisa bersikap rendah hati. Ia seperti padi yang semakin berisi semakin menunduk. Orang yang rendah hati bisa mengakui dan menghargai keunggulan orang lain.

2. Positive Thinking

Orang yang bersikap positif (positive thinking) selalu berusaha melihat segala sesuatu dari kacamata positif, bahkan dalam situasi yang buruk sekalipun. Dia lebih suka membicarakan kebaikan daripada keburukan orang lain, lebih suka bicara mengenai harapan daripada keputusasaan, lebih suka mencari solusi daripada frustasi, lebih suka memuji daripada mengecam, dan sebagainya.

3. Bertanggung jawab

Orang yang bertanggung jawab akan melaksanakan kewajibannya dengan sungguh-sungguh. Kalau melakukan kesalahan, dia berani mengakuinya. Ketika mengalami kegagalan, dia tidak akan mencari kambing hitam untuk disalahkan. Bahkan kalau dia merasa kecewa dan sakit hati, dia tidak akan menyalahkan siapapun. Dia menyadari bahwa dirinya sendirilah yang bertanggung jawab atas apapun yang dialami dan dirasakannya.

4. Tulus

Ketulusan membuat orang lain merasa aman dan dihargai karena yakin tidak akan dibodohi atau dibohongi. Orang yang tulus selalu mengatakan kebenaran, tidak suka mengada-ada, pura- pura, mencari-cari alasan atau memutarbalikkan fakta. selanjutnya

10 Rahasia Sukses Orang-Orang Jepang

Apa sajakah sikap-sikap orang Jepang yang bisa kita contoh biar bisa sukses kayak bangsa mereka ??
Berikut adalah 10 rahasia Sukses orang Jepang :

1. Kerja Keras

Sudah menjadi rahasia umum bahwa bangsa Jepang adalah pekerja keras. Rata-rata jam kerja pegawai di Jepang adalah 2450 jam/tahun, sangat tinggi dibandingkan dengan Amerika (1957 jam/tahun), Inggris (1911 jam/tahun), Jerman (1870 jam/tahun), dan Perancis (1680 jam/tahun). Seorang pegawai di Jepang bisa menghasilkan sebuah mobil dalam 9 hari, sedangkan pegawai di negara lain memerlukan 47 hari untuk membuat mobil yang bernilai sama. Seorang pekerja Jepang boleh dikatakan bisa melakukan pekerjaan yang biasanya dikerjakan oleh 5-6 orang. Pulang cepat adalah sesuatu yang boleh dikatakan “agak memalukan” di Jepang, dan menandakan bahwa pegawai tersebut termasuk “yang tidak dibutuhkan” oleh perusahaan.

2. Malu

Malu adalah budaya leluhur dan turun temurun bangsa Jepang. Harakiri (bunuh diri dengan menusukkan pisau ke perut) menjadi ritual sejak era samurai, yaitu ketika mereka kalah dan pertempuran. Masuk ke dunia modern, wacananya sedikit berubah ke fenomena “mengundurkan diri” bagi para pejabat (mentri, politikus, dsb) yang terlibat masalah korupsi atau merasa gagal menjalankan tugasnya. Efek negatifnya mungkin adalah anak-anak SD, SMP yang kadang bunuh diri, karena nilainya jelek atau tidak naik kelas. Karena malu jugalah, orang Jepang lebih senang memilih jalan memutar daripada mengganggu pengemudi di belakangnya dengan memotong jalur di tengah jalan. Mereka malu terhadap lingkungannya apabila mereka melanggar peraturan ataupun norma yang sudah menjadi kesepakatan umum.

3. Hidup Hemat

Orang Jepang memiliki semangat hidup hemat dalam keseharian. Sikap anti konsumerisme berlebihan ini nampak dalam berbagai bidang kehidupan. Di masa awal mulai kehidupan di Jepang, saya sempat terheran-heran dengan banyaknya orang Jepang ramai belanja di supermarket pada sekitar jam 19:30. Selidik punya selidik, ternyata sudah menjadi hal yang biasa bahwa supermarket di Jepang akan memotong harga sampai separuhnya pada waktu sekitar setengah jam sebelum tutup. Seperti diketahui bahwa Supermarket di Jepang rata-rata tutup pada pukul 20:00. selanjutnya

Terapi tulang part 2

Beberapa hari kemarin waktu kontrol rutin terapi tulang, saya melihat pasieun yang sedang diterapi. Usianya kurang lebih 30 tahunan, dia ditemani oleh istrinya. Lalu saya bertanya-tanya kejadian dia sampai mengalami kondisi itu. Tulang tangan serta betisnya remuk karena ditabrak truk tronton. Wow.. saya diperlihatkan hasil roentgen-nya. Ngeri saya lihatnya.

patah tulang pada kaki


selanjutnya

mulk (asap) bus..


Bagaimana kalau anda sebagai pengguna kendaraan roda dua /motor bertemu dengan Bus seperti di atas.. kesal? Jelas.. apalagi kalau bus itu susah untuk di dahului, semakin mengesalkan buat kita..

Kadang saya bertanya-tanya, apakah bus ini sudah lolos uji emisi?? Saya rasa sudah..

Saya ketemu bus ini di jalur arah Malangbong Garut. Dan saya lagi-lagi menjadi peran utama yang berada persis dibelakang bus tersebut.. susah sekali untuk mendahului bus tersebut, pandangan ke depan jadi terhalang oleh emisi gas buangnya, jadi harus menunggu saat yang tepat untuk mendahuluinya. Sebelumnya saya terpaksa melambatkan kendaraan agar jarak saya dengan bus tersebut jauh, sehingga saya tidak kebagian untuk menghirup asap hitamnya. Tapi akhirnya penderitaan saya selesai karena saya belok mengambil arah wado menuju sumedang..

Foto ini saya ambil dengan kamera handphone, dengan sedikit nekat akhirnya dapat juga fotonya walaupun agak kurang jelas. Tentunya dengan melihat kebelakang apakah ada kendaraan lain atau tidak.🙂

Terapi patah tulang

Anda pernah mengalami patah tulang??? Jangan sampai ya.. mungkin sakit sekali rasanya.. Patah tulang mungkin biasa, bagaimana kalau tulang anda remuk?? Sudah patah, remuk pula.. Wow.. ini lagi jangan sampai dah mengalaminya.. tapi saya pernah mengalaminya..dan itu sangat sakit sekali..

Tidak ada pilihan lain untuk mengobatinya selain di sambung dengan melakukan operasi. Dan itu berlaku untuk anda yang berkonsultasi ke dokter/RS.
Tapi apakah ada alternative pengobatan selain operasi? Ada, bahkan banyak.. terutama “dukun urut kampung” yang tersebar di daerah-daerah. Banyak metode da perantara yang mereka gunakan untuk mengobati patah tulang, mulai dari di urut biasa, urut jarak jauh (pasien gak perlu ketemu dukunnya kalau mau berobat), Cuma ditepuk pake tangan.. ada, bahkan hanya di tiup juga saya pernah denger. Hebat bener ya..

Tapi semua itu tergantung kita yang memilihnya. Kepercayaan dan keyakinan yang tinggi akan membantu pasien untuk cepat sembuh. Tapi bagi saya, metode urut yang tidak masuk akal (seperti hanya di tiup saja, pengobatan jarak jauh, dll) saya kesampingkan. Pilihan saya jatuh pada tukang urut dengan metode pengurutan biasa (terlepas dari ritual yang dia pakai). Media yang digunakan adalah minyak kelapa asli (keletik) atau minyak tawon. metode urutnya seperti biasa, langsung ada kontak fisik. Mungkin dengan urut ini anda akan merasa sakit, tapi keahlian yang dimiliki dukun urut inilah yang menentukan tingkat kesakitannya..
Langsung saja, ini pengalaman saya.. selanjutnya

galeri cipanas darajat pass

This slideshow requires JavaScript.

Kalo mau ke darajat ikutin aja arah kampung sampireun/kamojang. cerita lengkapnya

« Older entries